^_^

selamat datang di nayz blog ^_^

Senin, 02 Oktober 2017

10 Software Open Source Terbaik dan Gratis

Software atau aplikasi open source yang terdapat pada masa sekarang sangat banyak. Dari sekian banyak aplikasi open source, saya akan menjelaskan 10 aplikasi open source terbaik.

Berikut ini penjelasan 10 software open source terbaik, diantaranya adalah :

  • Wordpress
Wordpress adalah salah satu aplikasi yang berbasis open source terbaik dan terkenal untuk kalangan blogger dan programmer. Wordpress ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL yang mana keduanya masih termasuk aplikasi open source.
Tampilan Wordpress
Aplikasi wordpress ini termasuk aplikasi populer di dunia, karena digunakan lebih dari 202 juta pengguna. Penggunaan wordpress ini sangat mudah digunakan dan dalam wordpress ini terdapat beragam plugin yang dapat mengubah blog dari yang biasa menjadi luar biasa.

  • Mozilla Firefox
Mozilla Firefox adalah sebuah aplikasi berbasis open source yang memiliki fungsi untuk mengakses internet dengan kinerja yang lebih cepat dan termasuk salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

Tampilan Mozilla Firefox
Dengan perangkat Mozilla ini pengguna komputer dapat berselancar di internet serta dilengkapi dengan kecepatan yang tinggi. Aplikasi ini dapat diinstal secara gratis dan dalam mendownloadnya juga sangat mudah karena sudah banyak dari website yang menyediakan layanan mozilla secara gratis.

  • Notepad++
Tampilan Notepad++
Notepad++ adalah code editor (software penyunting code) yang mendukung berbagai bahasa pemrograman yang dapat bekerja pada sistem operasi windows. Kelebihan Notepad++ ini memiliki fitur untuk mempermudah pengguna saat mengedit kode termasuk saat mengedit kode HTML atau kode CSS.

  • FileZilla
FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang memiliki kegunaan untuk mentransfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. FileZilla ini juga merupakan aplikasi perangkat lunak komputer memiliki kelebihan dan kemudahan pada kecepatan dalam mentransfer file.
Tampilan FileZilla
Program FileZillla ini banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna jaringan komputer dan internet. Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi software gratis dan aplikasi ini juga dapat dijalankan dalam berbagai sistem operasi, diantaranya Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan juga tersedia dalam Linux dan Mac OS.

  • Open Office
Open Office adalah sebuah paket aplikasi berbasis open source yang di khususkan untuk membantu pekerjaan kantor seperti penulisan surat, penggunaan spreadsheet, presentasi, dan lain-lain. Aplikasi ini juga termasuk salah satu aplikasi terbuka yang artinya semua orang dapat menggunakan dan mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan keinginannya serta syarat tidak melakukan penghapusan credit.
Tampilan Open Office
Paket aplikasi Open Office ini bisa didapatkan secara gratis di website openoffice.org yang didalamnya terdiri dari komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data database.

  • Ubuntu
Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux yang berbasiskan debian dan didistribusikan sebagai salah satu software bebas. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical ltd, yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh seorang pengusaha asal Afrika Selatan yakni Mark Shuttleworth.
Tampilan Ubuntu
Tujuan dari adanya aplikasi Ubuntu ini yaitu memberikan semangat yang terkandung dalam filosofi Ubuntu kedalam dunia software. Aplikasi ini dapat dimiliki secara gratis dan juga dilengkapi dengan kinerja yang bagus yang memberikan kenyamanan pada pemakainya.

  • GIMP
GIMP merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program. GIMP ini juga merupakan salah satu aplikasi grafis bawaan linux yang mampu bekerja baik diwindows. GIMP ini juga didistribusikan secara gratis dan dapat digunakan kapan saja. 
Tampilan GIMP
Fungsi dari GIMP sangatlah banyak, diantaranya mengolah foto, mengkomposisi gambar dan membuat gambar. Selain itu, fungsi lain dari GIMP yaitu dapat mengolah gambar dari bentuk sederhana menjadi lebih keren dan dapat mengolah foto dengan kualitas yang sangat baik.

  • PDF Creator

Tampilan PDF Creator
PDF Creator dapat diartikan sebagai software printer yang terinstal. Pengguna Windows dapat menggunakan PDF Creator sebagai alternatif dari Adobe Acrobat. Penggunaan PDF Creator ini berfungsi untuk membuat file yang sama dengan asal kita membuatnya. Kamu dapat memilih PDF Creator ini sebagai default printer da membiarkannya melakukan confert menjadi file pdf dengan cara yang praktis.

  • 7-Zip
Tampilan 7-Zip
7-Zip adalah aplikasi yang cara kerjanya mirip Winzip yaitu pengarsipan file dalam Windows yang bisa dimiliki secara gratis. kemampuan dari aplikasi ini dapat membongkar sebagian besar format arsip dan dapat membuat arsip TAR dan GZ.

  • Blender
Blender adalah perangkat lunak dengan model 3D yang dapat digunakan dalam segala keperluan dalam bentuk grafis. Grafis dalam aplikasi dapat dilakukan dengan cara skinning, simulasi, animasi, dan tekstur. 
Tampilan Blender
Aplikasi ini termasuk aplikasi yang berbeda sajian tampilannya dengan aplikasi lain, sehingga kita akan menggunakan aplikasi maka harus mengalami tahap pembelajaran dulu. Setelah melewati tahap itu, maka anda dapat memaksimalkan dari penggunaan aplikasi ini dan tentunya kalian akan ketagihan dalam penggunaannya.

Nah, itulah yang dapat saya sampaikan mengenai 10 aplikasi open source terbaik dan gratis, semoga dapat memberikan pengetahuan kepada anda yang memiliki rencana untuk menggunakan aplikasi yang diatas. Untuk kalian yang mau menambahkan tentang materi ini dapat dilakukan dengan cara berkomentar pada kolom komentar yang terdapat di bawah. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.

Universitas Satya Negara Indonesia
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar