^_^

selamat datang di nayz blog ^_^

Rabu, 13 Desember 2017

Jaminan Kualitas Perangkat Lunak : Definisi, Pengukuran, dan Implementasi

KUALITAS

American Heritage Dictionary mendefinisikan kata kualitas sebagai “sebuah karakteristik atau atribut dari sesuatu”. Sebagai atribut dari sesuatu, kualitas mengacu kepada

Karakteristik yang dapat diukur- sesuatu yang dapat dibandingkan dengan standar yang sudah diketahui, seperti panjang, warna, sifat kelistrikan, kelunakan dan sebagainya. Tetapi perangkat lunak, yang sebagian besar merupakan entitas intelektual, lebih menantang untuk di karakterisasi dari pada objek fisik.

KONSEP KUALITAS
  • Tujuan Umum : Mengurangi "Variasi Antara Sampel" tetapi bagaimana ini berlaku untuk perangkat lunak?
  • Kualitas Kontrol : Serangkaian pemeriksaan, review, dan test.
  • Kualitas Asuransi : Analisis, Auditing, dan Aktifitas Laporan.
  • Biaya Kualitas :
    • Estimasi Biaya
    • Biaya Kegagalan
    • Biaya Kegagalan Eksternal

JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK

Jaminan kualitas perangkat lunak atau Software Quality Assurance (SQA) adalah aktivitas pelindung yang diaplikasikan pada seluruh proses perangkat lunak.

JENIS KUALITAS PERANGKAT LUNAK

Jenis kualitas perangkat lunak ini ada dua, yaitu :
  • Kualitas Desain
Karakteristik yang ditentukan oleh desainer untuk sebuah item.
ex : syarat, spesifikasi, dan desain.
  • Kualitas Kesesuaian
Sejauh mana spesifikasi desain diikuti selama pembuatan.
ex : implementasi.

PENGAWASAN KUALITAS
  • Melinatkan serangkaian inspeksi, review, dan uji coba yang digunakan selama proses software untuk memastikan setiap produk memenuhi persyaratan.
  • Termasuk feedback ke proses.
  • Mungkin manual, otomatis, atau keduanya.

JAMINAN KUALITAS
  • Terdiri dari auditing, dan laporan fungsi manajemen.
  • Tujuan nya :
    • Untuk menyediakan data yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi tentang kualitas produk.
    • Dengan demikian memperoleh waawasan dan keyakinan bahwa kualitas produk memenuhi tujuannya.

BIAYA KUALITAS
  • Biaya Pencegahan
    • Perencanaan mutu, ulasan teknis formal, alat uji, training.
  • Biaya Penilaian
    • Mencakup kegiatan untuk mendapatkan wawasan tentang kondisi produk yang "dilalui pertama kali" setiap proses: inspeksi dalam proses dan antar proses, kalibrasi dan perawatan peralatan, pengujian.
  • Biaya Kegagalan
    • Biaya internal kegagalan : mengolah lagi, perbaikan, analisis mode kegagalan.
    • Biaya eksternal kegagalan : resolusi keluhan, pengembalian produk dan penggantian, garansi/jaminan kerja.

KUALITAS PERANGKAT LUNAK

Konformansi terhadap kebutuhan fungsional dan kinerja yang dinyatakan secara eksplisit, standar perkembangan yang didokumentasikan secara eksplisit, dan karakteristik implisit yang diharapkan bagi semua perangkat lunak dikembangkan secara profesional.

Sesuai dengan :
  • Persyaratan fungsional dan kinerja yang dinyatakan secara eksplisit.
  • Standar pengembangan yang di dokumentasikan secara eksplisit.
  • Karakteristik implisit yang diharapkan dari semua perangkat lunak yang dikembangkan secara profesional.
Tiga poin penting dari definisi :
  1. Persyaratan software adalah dasar dari mana kualitas diukur.
  2. Standar yang di tetapkan menentukan sebuah kriteria pembangunan yang menuntun teknis.
  3. Set persyaratan implisit seringkali tidak disebutkan (contoh : Kemudahan pengguna, perawatan).

JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK
Aktivitas SQA :

Software engineer menangani kualitas dengan :
  • Menerapkan metode dan tindakan teknis yang solid.
  • Melakukan tinjauan teknis formal.
  • Melakukan pengujian yang terencana dengan baik.
SQA grup membantu tim software dalam mencapai produk berkualitas tinggi dengan cara menangani:
  • Perencanaan penjaminan mutu
  • Pengawasan
  • Pencatatan
  • Analisis
  • Pelaporan

STATISTIK SQA

KEANDALAN PERANGKAT LUNAK
  • Probabilitas operasi bebas-kegagalan dari program komputer di lingkungan yang ditentukan untuk waktu yang ditentukan.
  • Tindakan :
    • MTBF = MTTF + MTTR
  • Ketersediaan = (MTTF/(MTTF+MTTR)) * 100%
  • Keamanan software ialah : Kegiatan SQA yang berfokus pada identifikasi dan penilaian potensi bahaya yang dapat mempengaruhi software secara negatif dan menyebabkan sistem gagal.
ISO 9000
  • Menjelaskan elemen jaminan kualitas dalam istilah generik yang dapat diterapkan pada bisnis apa pun terlepas dari produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Elemen sistem kualitas asuransi sistem:
    • Struktur organisasi
    • Prosedur
    • Proses
    • Sumber daya untuk melaksanakan kualitas perencanaan
    • Quality control
    • Kualitas asuransi
    • Perbaikan mutu
ISO 9000 memperlakukan perusahaan sebagai jaringan proses yang saling terhubung (interkoneksi). ISO 9000 menggambarkan elemen sebuah sistem jaminan kualitas secara umum. Elemen-elemen tersebut mencakup struktur, prosedur, proses, organisasi, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimplementasi rencana kualitas, kontrol kualitas, jaminan, kualitas, dan pengembangan kualitas. Tetapi ISO 9000 tidak menggambarkan bagaimana organisasi seharusnya mengimplementasi elemen-elemen kualitas tersebut. Sebagai konsekuensi, ada tantangan dalam mendesain dan mengimplementasi suatu sistem jaminan kualitas yang memenuhi standar dengan produk, layanan dan budaya perusahaan.

ISO 9001 - adalah standar kualitas yang berlaku untuk rekayasa perangkat lunak.

Syarat yang digambarkan oleh ISO 9001 menekankan topik-topik berikut :
  1. Tanggung jawab manajemen
  2. Sistem kualitas
  3. Kajian kontrak
  4. Kontrol desain
  5. Kontrol data dan dokumen
  6. Pembelian
  7. Kontrol terhadap produk yang disuplai oleh pelanggan
  8. Identifikasi dan kemampuan penulusuran produk
  9. Kontrol proses
  10. Pemeriksaan dan pengujian
  11. Kontrol pemeriksaan, pengukuran, dan perlengkapan pengujian
  12. Pemeriksaan dan pengujian
  13. Kontrol ketidaksesuaian produk
  14. Tindakan preventif dan korektif
  15. Penanganan, penyimpanan, pengepakan, preservasi, dan penyampaian
  16. Kontrol terhadap catatan kualitas
  17. Audit kualitas internal
  18. Pelatihan
  19. Pelayanan
  20. Teknik statistik
PERENCANAAN SQA
  • Menyediakan peta jalan untuk mendirikan jaminan kualitas software.
  • Rencana tersebut berfungsi sebagai template untuk kegiatan SQA.
  • Isinya :
    • Bagian awal - tujuan dan ruang lingkup.
    • Bagian manajemen - struktur organisasi.
    • Bagian dokumentasi - dokumen proyek, model, dokumen teknis, dokumen pengguna.
    • Bagian pengujian.
    • Alat dan metode, SCM, kontrak, catatan perawatan, pelatihan, resiko.


Nurul Anila Safitri
Universitas Satya Negara Indonesia


Sumber :
Modul Rekayasa Perangkat Lunak - Andi Leo S.Kom.,M.Kom
https://marinnrin.wordpress.com/2013/07/14/jaminan-kualitas-perangkat-lunak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar